Jika USD diatur dari regulasi langsung oleh Federal Reserve di Amerika Serikat, USDT masuk ke dalam mata uang crypto yang dibuat oleh perusahaan Tether Limited. Pada September 2017 silam, Tether menerbitkan sebuah memorandum dari kantor akuntan publik. Memo ini menjelaskan bahwa token Tethers dijamin dengan mata uang fiat dolar AS. Namun, tentunya Tether tidak “secara resmi” dikeluarkan oleh pemerintahan yang berwenang.Menurut pengacara independen, Lewis Cohen, bahwa memo ini belum bisa membuktikan bahwa Tether dijamin oleh uang dolar. Kepemilikan token Tether tidak memiliki hak kontraktual, klaim hukum, ataupun jaminan terhadap kerugian seperti dolar AS biasa.

Sama halnya dengan Bitcoin dan Ethereum, USDT merupakan mata uang crypto yang dapat digunakan sebagai alat transaksi untuk membeli koin dan token lainnya.

Saat ini, USDT termasuk ke dalam pairing yang paling sering digunakan diberbagai bursa pertukaran mata uang crypto di dunia. Biasanya untuk membeli koin/token lainnya. Misalnya saja, Bitcoin dipasangkan dengan USDT akan dibaca BTC/USDT. Begitu pun dengan Ethereum, ETH/USDT, dan masih banyak lagi.